Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Dabo Singkep. Website ini sebagai media informasi untuk seluruh masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang Pengadilan Agama Dabo Singkep   Click to listen highlighted text! Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Dabo Singkep. Website ini sebagai media informasi untuk seluruh masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang Pengadilan Agama Dabo Singkep Powered By GSpeech
logo mahkamah agung

sippabc


WEBINAR BADILAG | "Kiat Menulis Berkualitas"

HAKIM PA DABO SINGKEP MENGIKUTI
PELATIHAN KEPENULISAN BERSAMA DIRJEN BADILAG

Salah satu cara yang dilakukan oleh Badan Peradilan Agama (Badilag) untuk memberikan informasi secara aktual dan faktual bagi masyarkat serta warga badilag pada khususnya adalah dengan memanfaatkan media berupa majalah. Majalah tersebut diberi nama Majalah Peradilan agama yang didirikan sejak tahun 2013 silam.

Majalah Peradilan Agama yang terakhir terbit pada Desember 2019 lalu pada edisi ke 16 dikelola oleh beberapa orang yang masuk ke jajaran tim redaksi, tim tersebut menjadi motor penggerak Majalah Peradilan Agama dalam menyajikan konten-konten menarik di setiap edisinya. Ada yang menarik di era new normal ini, para redaktur majalah Peradilan Agama memberikan pelatihan khusus kepada para Warga Badilag baik Hakim maupun Non Hakim mengenai dunia kepenulisan melalui webinar yang memanfaatkan aplikasi Zoom dan juga Live Streaming Youtube.

Tidak hanya memberikan pelatihan terkait dunia kepenulisan, webinar tersebut juga membedah terkait majalah peradilan agama itu sendiri, dimulai dari sejarah, tim redaksi dari tahun ke tahun serta gaya dalam penyajian penulisan. Di sela acara Tim Redaksi juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan sumbangsih pemikiran berupa artikel yang nantinya dapat dikirim ke tim redaksi dan akan diseleksi untuk di muat di Majalah peradilan Agama edisi selanjutnya.

Acara webinar kepenulisan yang berlangsung pada hari Jumat (26/6) dari pukul 15.00 WIB dibuka langsung oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H.,M.H., meski berlangsung hingga selepas magrib, para peserta begitu antusias mengikuti acara tersebut, adapun Peserta yang berasal dari Pengadilan Agama Dabo Singkep adalah salah seorang Hakim H. Arif Budiman, Lc., M.A.,Hk.

Bagi Pak Arif, sapaan akrab H. Arif Budiman, Lc., M.A.,Hk., mengikuti pelatihan secara virtual begitu efektif dan efisien terlebih di masa pandemi ini, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi webinar dapat dilaksanakan dan diikuti kapanpun tanpa mengganggu jam kerja “paling tidak kegiatan webinar dapat diikuti tanpa perlu meninggalkan pekerjaan dan keluarga serta tidak butuh modal akomodasi hanya bermodalkan kemauan saja” imbuhnya.

Peserta Webinar, Hakim PA Dabo Singkep H. Arif Budiman, Lc., M.A.,Hk

Webinar kepenulisan yang diadakan oleh tim redaksi Majalah Peradilan Agama begitu berkesan dan mampu merangsang kembali semangat menulis, akan tetapi bagi beliau tanpa adanya aktualisasi yang baik kegiatan webinar yang telah dilaksanakan akan dirasa percuma “setiap narasumber memberikan motivasi kepenulisan yang sangat baik kepada peserta, namun motivasi ini kalau tidak dibarengi dengan aktualisasi, momen dan suport akan memudar dengan berjalannya waktu” tegasnya. “Sehingga materi dan motivasi yang didapatkan hanya terkenang sebagai sebuah teori” tambah nya.

Setelah mengikuti webinar kepenulisan, diharapkan mampu mengaktualisasikan dengan baik di Pengadilan Agama Dabo Singkep, sehingga setiap informasi dan kegiatan yang ada di PA Dabo Singkep mampu tersampaikan ke masyarakat dengan baik selain itu diharapkan mampu menyumbang artikel atau karya ilmiah yang bisa dijadikan rujukan baik secara akademik maupun non akademik “setelah adanya webinar kemarin, ternyata gayung bersambut dengan memasukan saya sebagai tim kreator di Pengadilan Agama Dabo Singkep, sehingga kedepannya saya mampu mengaktualisasikan apa yang saya dapat dari webinar kepenulisan yang sudah saya ikuti” tutup beliau di percakan melalui Whatsapp saat dihubungi Tim Redaksi PA Dabo Singkep.

                 Sekedar informasi, Tim Kreator yang dibentuk di Pengadilan Agama Dabo Singkep merupakan wadah untuk menyalurkan ide kreatif baik berupa tulisan maupun narasi dalam bentuk audio dan video yang nantinya akan di upload di website serta media sosial PA Dabo singkep seperti facebook, youtube, instagram bahkan juga spotify.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung RI tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara, selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Kunjungi

JDIH Mahkamah Agung RI

TypographyPeraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi.

Kunjungi

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI.

Kunjungi


pengaduan simari komdanas sipp direktori
sikep abs lpse jdih perpus

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech