Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Dabo Singkep. Website ini sebagai media informasi untuk seluruh masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang Pengadilan Agama Dabo Singkep   Click to listen highlighted text! Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Dabo Singkep. Website ini sebagai media informasi untuk seluruh masyarakat yang ingin memperoleh informasi tentang Pengadilan Agama Dabo Singkep Powered By GSpeech
logo mahkamah agung

sippabc

BLDK MA RI bekerjasama dengan LIA dan TEMPO, Hakim dan Kasubag PTIP PA Dabo Singkep Ikuti Diklat dari Tempat Tugas

Hakim Pengadilan Agama Dabo Singkep, H. Arif Budiman, Lc., M.A.Hk, dan Kasubag Perencanaan, TI dan Pelaporan, Nur Syahidi, S.H.I., memulai diklat dari tempat kerja dengan waktu bersamaan, Senin, 05 Oktober 2020. Meski dimulai pada hari yang sama, namun yang diikuti keduanya adalah diklat yang berbeda. Pak Arif, demikian sapaan akrabnya, mengikuti Pelatihan Online Preparation For The Toefl, sedangkan Pak Nur Syahidi, mengikuti Webinar Bekerja dengan Media (Siaran Pers).

Pelatihan Online Preparation For The Toefl dari Tempat Tugas diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI bekerjasama dengan LIA (Lembaga Indonesia Amerika) yang diikuti oleh 180 (seratus delapan puluh) peserta, dimulai sejak 05 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2020.

Sebelumnya, Ogna Alif Utama, S.H., juga sebagai Hakim PA Dabo Singkep telah juga mengikuti pelatihan yang sama pada bulan lalu. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan nilai TOEFL, singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang merupakan ujian kemampuan berbahasa Inggris yang biasanya diperlukan untuk mendaftar masuk ke universitas negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan aparatur peradilan khususnya Hakim Pengadilan Agama dapat meningkatkan kualitas dan wawasannya terkait kemampuan berbahasa inggris mengingat diskursus tentang hukum perdata dan keluarga tidak terlepas dari literasi berbahasa inggris dan kerjasama dengan berbagai lembaga luar negeri.

Adapun Webinar Bekerja dengan Media (Siaran Pers) dari Tempat Tugas yang diikuti oleh Pak Nur Syahidi, diselenggarakan juga oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI namun kali ini bekerjasama dengan TEMPO Institue yang diikuti oleh 383 (tiga ratus delapan puluh tiga) peserta, dimulai sejak 05 Oktober sampai dengan 06 Oktober 2020.

Webinar ini dilatarbelakangi dengan fakta bahwa tak semua aparatur/pejabat memahami cara bekerja dengan media, padahal kemampuan ini penting ketika mereka berhadapan dengan sorotan kamera atau ditodong mikrofon pewarta berita. Di pelatihan ini kita akan belajar dan praktik bersama para pakar sehingga mampu mengoptimalkan setiap ruang dan kesempatan yang diberikan oleh media, memahami teknik bicara di depan media dan publik, gambaran peta media dan cara kerja wartawan, memilah pesan layak berita, serta praktik dan simulasi konferensi pers yang efektif. Untuk memahami cara bekerja dengan media, maka aparatur harus memahami cara kerja mereka. Wartawan membutuhkan kutipan pesan kunci yang kuat agar isi pesan tidak menjadi terlalu normatif ataupun kurang menarik.

Dengan keikutsertaan Kasubag Perencanaan, TI dan Pelaporan PA Dabo Singkep, maka diharapkan dapat memberikan sumbangsihnya baik dalam bentuk sosialisasi maupun penerapannya dalam tugas pokok sehari-hari, sehingga pelaporan/informasi di Pengadilan Agama Dabo Singkep baik itu melalui website maupun media lainnya semakin terlaksana dengan baik.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung RI tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara, selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Kunjungi

JDIH Mahkamah Agung RI

TypographyPeraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi.

Kunjungi

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI.

Kunjungi


Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech