Artikel

MAHKAMAH AGUNG SELENGGARAKAN FORUM SEKRETARIS

Mahkamah Agung menyelenggarakan acara sillaturrahim Forum Sekretaris (Forses) pada Kamis, 13 Juni 2019 di Balairung Mahkamah Agung.  Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko), Sekretaris Jenderal (Sekjen), Sekretaris Utama (Sestama), Sekretaris Menteri Kementerian/Lembaga, Kepala Staf Umum TNI, Asisten Perencanaan (ASRENA) TNI AD, ASRENA TNI AL, ASRENA TNI AU dan ASRENA POLRI hadir pada acara ini.

Sekretaris Mahkamah Agung, A.S Pudjoharsoyo, selaku tuan rumah dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk lebih menguatkan koordinasi dan komunikasi antar pengambil kebijakan. “Meskipun acara ini tidak formal dan terkesan santai, namun menjadi media yang sangat baik untuk melaksanakan koordinasi dan komunikasi antar sekretaris dan juga memiliki nilai strategis dalam kerjasama antara kementerian/lembaga”. Terang Pudjoharsoyo.

Selain para Sekretaris, acara ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, SH., M.Hum., Ketua Kamar Pidana, Dr. Suhadi, SH., MH., Ketua Kamar Agama, Amran Suadi, SH., MH., MM, Ketua Kamar Tata Usaha Negara, Dr. Supandi, SH., M.Hum, Panitera Mahkamah Agung, Made Rawa Aryawan, SH., MH dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Bidang Non Yudisial Mahkamah Agung, Dr. Sunarto mengatakan bahwa pertemuan ini memiliki setidaknya dua sisi penting. Pertama, dalam konteks hubungan dan sinergitas antar lembaga dan kedua, dalam konteks peranan sekretaris kementerian/lembaga terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian/lembaga. Sunarto menambahkan bahwa pertemuan yang dilaksanakan secara periodik ini mempunyai banyak manfaat. Diantaranya sebagai ajang komunikasi yang saling menguntungkan untuk memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing, sebagai ajang untuk membangun sinergitas dalam penyusunan dan pelaksanaan program serta kegiatan antar Kementrian Lembaga, dalam rangka mendukung terwujudnya visi misi pemerintah.

FORSES YANG UNIK

Forses adalah forum bagi para sekretaris Kementrian/Lembaga, organisasi ini unik karena terbentuk begitu saja, tanpa perencanaan dan tidak memiliki aturan sebagaimana organisasi lain. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Koordinator Polhukam, Let. Jend. TNI Agus Surya Bakti selaku Ketua Pengarah Forses ketika memberikan sambutan. Meski begitu, menurut Agus, walaupun terbentuk tanpa rencana, Forses menjadi  organisasi yang guyub dan memudahkan para sekretaris untuk berkomunikasi dan berkoordinasi. “Suasana guyub inilah yang membuat kita bersama-sama bisa melaksanakan koordinasi yang baik.” Terang Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa karena organisasi ini terbentuk tanpa perencanaan, ketuanya pun terpilih tanpa surat perintah, tanpa open bidding,  “Maka semua anggota Forses yang hadir malam ini sepakat memilih Dwi Wahyu Atmaji, Sekretaris Kementrian PAN RB sebagai ketua forses”. Kata Agus yang disambut tepuk tangan para tamu yang hadir. Agus melanjutkan bahwa Dwi Wahyu Atmadji menggantikan ketua Forses sebelumnya yaitu Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata, yang telah meninggal Mei 2019 lalu. Pada kesempatan itu pula, Agus mengajak para hadirin untuk mendoakan Ukus agar diterima di sisi Allah dan ditempatkan di tempat terbaikNya. (Mahkamah Agung RI)

Artikel | Podcast | Arsip Berita


Artikel | Merengkuh Kepercayaan Publik Melalui Kodifikasi Hukum Ekonomi Syariah (Resensi) - Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I. | 04-12-2020
Artikel | Menimbang Ulang Tipikal Hak Asuh Dan Kriteria Moral Pemegang Hadanah - Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I. | 04-12-2020
Artikel | Eksistensi Konten Digital dan Otoritasnya - Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I. | 01-12-2020
Artikel | Mediasi (Kaukus) - Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I. | 01-12-2020
Artikel | 5 (Lima) Referensi Penting Tentang Tazkiyatun Nafs - Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I. | 01-12-2020
Podcast | Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik - Ridwan, S.H., M.H. | 22-06-2020
Podcast | Komitmen Pembangunan Zona Integritas - H. Zulkofli, S. Ag., S.H., M.H. | 22-06-2020
Podcast | Apakah Perkara Saya Termasuk Kewenangan Pengadilan Agama Dabo Singkep - Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I. | 22-06-2020


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung RI tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara, selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Kunjungi

JDIH Mahkamah Agung RI

TypographyPeraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi.

Kunjungi

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI.

Kunjungi